Laman

Kamis, 23 Agustus 2012

Taqabalallahu Minna Wa Minkum..

Taqobalallahu Minna Wa Minkum (Semoga Allah menerima amal dan perbuatan aku dan kalian)

Happy Eid Mubarak All..


Ga kerasa udah idul fitri lagi..Ramadhan itu sangat singkat ya rasanya...
Rasanya belum melakukan apa-apa di Ramadhan kali ini.
Tapi Insya Allah, hikmah yang dari Ramadhan tahun ini berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, semoga kebaikan yang ada di Ramadhan ini terbawa ke bulan-bulan berikutnya.. Aaamiiinnn..

Bicara soal idul fitri atau lebaran..
rasanya kurang lengkap juga kalo ga bicara soal tradisi-tradisi yang dilakukan saya sekeluarga saat lebaran..
Tradisi di keluarga kami tidak sekompleks dengan keluarga-keluarga Indonesia yang lain, kami sekeluarga tidak melakukan mudik ataupun nyekar..

Mudik..
Yap, seumur hidup, baru pertama kali kami pergi mudik dan itupun bukan ke saudara dekat,,yaitu adek dari oma yang tinggalnya di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.
Tepatnya lebaran tahun 2010, kami sekeluarga mudik ke Sumatera Selatan, dan itu rasanya seru,,selain ga macet, saya juga baru pertama kali waktu itu naik kapal laut daaannn menginjak Pulau Sumatera..yihaaaa... :D
Perjalanan yang sangat jauh ini memang membutuhkan kesabaran, sekalinya mudik, jauuuuhhhh...
Paling banter juga kami sekeluarga kalo silaturahmi ke saudara ke Sumedang, di kaki gunuung tempatnya, dan ini sekalinya mudik, langsung ke sumatera, panas, jauh dan yaaahhh..*nyengir

Jadi intinya, lebaran..No Mudik No Macet bagi kami..

Nyekar..
Nyekar atau berziarah biasanya juga menjadi agenda rutin masyarakat di Indonesia, namun kami sekeluarga juga hampir tidak pernah nyekar ke makam kakek kami atau ayah dari ibuku, karena kami sekeluarga memiliki prinsip Allah maha Mendengar, tanpa kita ke makam beliau, doa-doa kami tentunya Allah mendengar, dan beberapa alasan lainnya juga sehingga tidak kami biasakan untuk ke makam beliau :)

Bikin Ketupat..
Selain mama bukan tipe ibu hobby masak, mama juga gamau masak terlalu banyak,,jadinyaa minta ke nenek..hehehee..

Lumayan banyak juga sih tradisi-tradisi lebaran yang kami sekeluarga ga ngelaksanainnya..kadang bersyukur karna ga harus cape-cape..tapi kadang ngiri juga liat orang lain jugaa.. *mupeng

Tapiii..apapun tradisinyaa, yang penting ibadahnya di bulan Ramadhan, bener gak..
Bukan berarti saya ibadahnya uda sempurna,,padahal ibadahnya saya tentu ga ada apa-apanya sama yang temen-temen sudah lakuin,,karena kita sama-sama sedang menuju kebenaran, jadi cuman sekedar mengingatkan..

Bagi saya, bulan Ramadhan ini memang benar bulan yang penuh penuh penuuuhhh berkah, pahala dilipatgandakan untuk membakar dosa-dosa kita yang terdahulu..
Kapan lagi kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk menabung pahala yang tentunya banyak ini..
Ramadhan juga bukan hanya sekedar berpuasa, tapi juga melakukan amal baik lainnya, zakat, sedekah, shalat sunah, berbuat baik kepada orang, membantu orang, mendoakan orang, dan amal baik lainnya yang tentunyaaa banyak banyak banyak banyaaakk banget..

Sejujurnya saat ini saya baru menyadari, bahwa kemarin ini saya sangat melewatkan Ramadhan, bulan yang penuh pahala. Dimana mestinya saya tarawih, saya malah buka bersama dengan alasan menyambung silaturahmi. Padahal sebenarnya selepas Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk silaturahmi kan?? ato ga pas siang harinya. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan ini, saya mulai mengurangi aktivitas tersebut.

Dimana saya semestinya itikaf atau dengar tausiyah, malah keluyuran di Mall atau pusat perbelanjaan. Hal ini bukan sekedar wacana atau apa..Tapi ini memang terjadi dalam bulan Ramadhan saya..Godaan Mall pada bulan Ramadhan ini sangat-sangat menggoda, apalagi poster SALE ada dimana-mana..mau menyalahkan mereka?? ya tentu gabisa..
Hal ini malah sebenarnya ujian untuk kita kan, ujian keimanan..

Yaahh bersyukurlah bagi temen-temen semua yang sudah memaksimalkan Ramadhan, saya juga masih berusaha untuk terus menuju Ramadhan yang sesungguhnya, sehingga ketika 1 syawal nanti.. memang hari kemenangan sesungguhnyalah yang ada dihati kita..

Amiinn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar